kunjungan industri
Laporan
kegiatan kunjungan industri
PUSTEKKOM
KEMDIKBUD
(PUSAT TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN)
JL. RE Martadinata KM 15,5,Ciputat, kotaTangerangselatan
,Banten15411
KATA PENGANTAR
Puji syukur selalu saya panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa yang telah melimpahkan rahmat dan hidayahnya sehingga laporan kunjungan industry ini dapat diselesaikan. Sholawat serta salam semoga tercurahkan kepada Nabi Muhammad SAW. Serta kepada para sahabatnya dan kepada seluruh umatnya. dan saya menyadari bahwa dalam penyusunan laporan kunjungan industri masih banyak kekurangan. Karena keterbatasan pengetahuan dan kemampuan, untuk itu kritik dan saran yang membangun dari pembaca sangat diharapkan demi kesempurnaan Laporan Praktik Industri ini. Demikian kata pengantar ini saya buat, semoga dapat bermanfaat, khususnya bagi saya pribadi sendiri dan pembaca pada umumnya.
Boyolali,4
Agustus 2019
Alif Nur Alim
Penyusun
LEMBAR
PENGESAHAN
Laporan ini disusun untuk memenuhi tugas
Laporan ini disusun untuk memenuhi tugas
setelah
melaksanakan kunjungan industri.
Laporan ini disahkan pada :
Hari :
Tanggal :
Hari :
Tanggal :
Disetujui
oleh:
Wali Kelas
Siswa
Marianto.ST
Alif
Nur Alim
Mengetahui
Kepala
Program Keahlian
Rekayasa
Perangkat Lunak(RPL)
Agus
Purwadi.ST
Daftar
Isi
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang ....................................................................................
B. Tujuan Kunjungan Industri ...................................................................
C. Manfaat Praktik Industri ........................................................................
D. Waktu Praktik Industri .....................................................
E. Tempat Industri ...................................................................
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang ....................................................................................
B. Tujuan Kunjungan Industri ...................................................................
C. Manfaat Praktik Industri ........................................................................
D. Waktu Praktik Industri .....................................................
E. Tempat Industri ...................................................................
BAB II
KEGIATAN KUNJUNGAN INDUSTRI
A. PUSTEKKOM KEMDIKBUD
1. Profil ....................................................................................................
2. Proses Produksi ..............................................................
3. Produk/jasa ....................................................................................
A. PUSTEKKOM KEMDIKBUD
1. Profil ....................................................................................................
2. Proses Produksi ..............................................................
3. Produk/jasa ....................................................................................
BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan ..................................................................................................
B. Kritik dan Saran ...........................................................................................
A. Kesimpulan ..................................................................................................
B. Kritik dan Saran ...........................................................................................
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Latar belakang diadakanya kunjungan industri ini agar siswa mengenal dunia
kerja. Selain itu siswa dapat mengetahui lebih jauh tentang cara kerja,
kedisiplinan, tata tertib kerja , mesin -mesin industri yang lebih memadai,
dll.
Siswa juga diharapkan tidak menganggap
kunjungan industri sebagi rekreasi, tapi menganggap kunjungan industri sebagai
sarana belajar dengan cara mendatangi industri secara langsung, dan melihat
urutan – urutan proses kerja di industri tersebut.
Kunjungan industri dipilih untuk menambah
pengalaman siswa tentang dunia kerja. Siswa dituntut untuk aktif menggali
informasi tentang kunjungan industri untuk memperoleh pengetahuan tentang dunia
industri. Kunjungan industri dilakukan untuk memberikan gambaran kepada siswa
tentang industri dan proses produksi di bidang bisnis dan managemen. Siswa
harus membandingkan proses produksi di dunia kerja dengan ilmu yang diperoleh
di sekolah. Siswa diwajibkan membuat laporan atas informasi yang di peroleh
selama kunjungan industri tentang perusahaan yang bersangkutan.
B. Tujuan Kunjungan
Industri
· Memperluas pengatahuan siswa dalam lingkungan
dunia kerja.
· Mendorong siswa agar mempunyai minat bekerja
di perusahaan.
· Memberi informasi tentang cara kerja dan
tenaga kerja perusahaan.
·
Mendorong siswa agar mempunyai rasa kedisiplinan dan tanggungjawab.
· Membantu siswa melaksanakan program diklat.
·
Melihat secara langsung proses produksi dari awal sampai akhir.Untuk Belajar
(tidak hanya tau teknik tapi juga
praktik dan cara pemasarannya).
C. Manfaat Kunjungan Industri
Ada beberapa tujuan diadakannya kunjungan industri bagi
siswa sebagai berikut:
1. Memperluas pengatahuan
siswa dalam lingkungan dunia kerja.
2. Mendorong siswa agar
mempunyai minat bekerja di perusahaan.
3. Memberi informasi
tentang cara kerja dan tenaga kerja perusahaan.
4. Mendorong siswa agar
mempunyai rasa kedisiplinan dan tanggung jawab.
5. Membantu
siswa melaksanakan program magang.
D. Waktu
Kegiatan
kunjungan industri ini dilaksanakan pada :
Hari / Tanggal : Rabu,24 Juli 2019
Hari / Tanggal : Rabu,24 Juli 2019
E. Tempat
Tempat : POSTEKOM KEMDIKBUD
BAB II
KEGIATAN
KUNJUNGAN INDUSTRI
PUSTEKOM KEMDIKBUD
1. Profil
PUSTEKOM KEMDIKBUD
1. Profil
Pustekkom di dirikan berdasarkan Keputusan
Presiden Republik Indonesia Nomor 27 Tahun 1978 tertanggal 31 Agustus 1978 dan
Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor: 0145/O/1979 tertanggal
30 Juni 1979 yang diperbaharui dengan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan
Kebudayaan Nomor: 0222g/O/1980. Dan kini Pustekkom mengelola JARDIKNAS yaitu
Jaringan Pendidikan Nasional, yang menjadi ‘Jembatan Informasi Digital Dunia
Pendidikan ‘
Pustekkom adalah salah satu unit kerja atau lembaga di lingkungan Departemen Pendidikan Nasional. Model kegiatan pembelajaran berikutnya yang dikembangkan Pustekkom adalah yang memanfaatkan media internet. Melalui website yang dikembangkan Pustekkom, berbagai materi pelajaran dapat diakses oleh peserta didik atau masyarakat luas pada umumnya. Tidak hanya materi pelajaran yang tersedia, tetapi tersedia juga informasi tentang kebijakan pendidikan, pengetahuan ilmiah populer, pokok-pokok materi pelajaran, bimbingan belajar online, dan bank soal.
Pustekkom adalah salah satu unit kerja atau lembaga di lingkungan Departemen Pendidikan Nasional. Model kegiatan pembelajaran berikutnya yang dikembangkan Pustekkom adalah yang memanfaatkan media internet. Melalui website yang dikembangkan Pustekkom, berbagai materi pelajaran dapat diakses oleh peserta didik atau masyarakat luas pada umumnya. Tidak hanya materi pelajaran yang tersedia, tetapi tersedia juga informasi tentang kebijakan pendidikan, pengetahuan ilmiah populer, pokok-pokok materi pelajaran, bimbingan belajar online, dan bank soal.
Visi Dan Misi Pustekkom
Pustekkom adalah salah satu unit kerja / lembaga di
lingkungan Departemen Pendidikan Nasional. Model kegiatan pembelajaran
berikutnya yang di kembangkan Pustekkom yaitu
yang memanfaatkan media internet.
VISI
Lembaga unggulan pada bidang teknologi informasi dan komunikasi
pendidikan agar teknologi informasi lebih maju.
MISI
Memecahkan masalah pendidikan melalui pendayagunaan teknologi informasi
dan komunikasi. Meningkatkan kualitas SDM melalui pendayagunaan teknologi
informasi dan komunikasi.
Fasilitas
Untuk mendukung pelaksanaan tugasnya
Pustekkom dilengkapi dengan sejumlah fasilitas, antara lain: ruang presentasi,
ruang training, studio radio, studio televisi, studio multimedia, dan
perpustakaan media/pusat sumber belajar (PSB).
PRODUK
:
Setelah lebih dari 25
tahun berkiprah dalam bidang teknologi informasi dan komunikasi, sudah banyak
yang dihasilkan oleh Pustekkom, baik berupa model dan sistem pembelajaran
maupun media pembelajaran yang berbasis teknologi informasi dan komunikasi
antara lain:
* TVE (Televisi Edukasi)
* Suara Edukasi adalah radio pendidikan dikembangkan
pustekom kemdikbud.
* Bimbel Online
* Radio Edukasi
* KiHajar
* Multimedia Interaktif
* PSB
* Pelatihan
Pengembangan Pemanfaatan TIK
* Model Pembelajaran
Diklat Bahasa Inggris
* Program S1 PGSD Jarak
Jauh
* Media Terintegrasi
Bahasa inggris di SMP
Televisi Edukasi
~ TVE adalah Televisi
yang mengkhususkan pada siaran pendidikan. Motto : Santun dan Mencerdaskan
Program yang
ditayangkan meliputi :
- Pendidikan Formal (SD
sampai Perguruan Tinggi)
- Pendidikan Informal
(Seni, Olahraga, Budaya, Keterampilan, Agama, Kesehatan, Budi Pekerti,
Pertanian, Peternakan, dll)
- Pendidikan Non Formal
(Program Paket A, Paket B, Paket C, dll)
- Informasi kebijakan
Depdiknas
BAB III
PENUTUP
A.Kesimpulan
a. Dengan
di adakan Kunjungan Industri seperti ini siswa – siswi di harapkan dapat
berpikir maju, kreatif dan efisien sehingga dapat mengurangi perilaku yang
bersifat negatif misalnya kenalan remaja karena bakat dan kemampuannya lebih
tersalur kepada hal – hal yang positif yang akan berguna bagi kehidupannya baik
sekarang maupun yang akan datang.
b. Semangat
kegigihan dalambekerja untuk membuat
usaha itu agar selalu berjalan lancar
dan kalau ada masalah bisa terselesaika.
setelah
saya melakukan kunjungan industri sayamendapat pengalaman baru tentang
industri, lebih mengerti dunia kerja industri, dapat membandingkan ilmu yang
diperoleh di sekolah dengan dunia kerja industri. Observasi yang dilakukan
secara nyata dan langsung pengembangan atas tugas yang diemban oleh siswa yang
pada akhirnya sebagai
bekal untuk bekerja di bidang it .
segala
puji bagi allah yang maha pengasih dan maha penyayang.Dengan laporan ini bisa
memberikan ilmu yang lebih. sehingga saya dapat menyelesaikan laporan ini.
apabila ada banyak kesalahan dalam pengetikan saya mohon maaf, karena saya
hanya seperti manusia biasa seperti yang lainnya.demikian yang dapat saya
laporkan. sekian
WASSALAMU'ALAIKUM WR.WB
WASSALAMU'ALAIKUM WR.WB
B.Saran
·
Sebaiknya
pimpinan lebih jelas dalam menerangkan dan menjelaskan tentangvaksinasi.
·
Di harapkan agenda
program Kunjungan industri ini tetap berjalan setiap tahunnya karena menambah wawasan dan memberi motivasi kepada
siswa.
Komentar
Posting Komentar